HEAD LINE NEWS CREATIVE BY MARAPU

Media Online Gantikan Televisi dan Koran

Hanya sedikit orang dari Amerika yang membaca koran dan yang lainnya lebih senang dengan news online. Namun, televisi tetap diingat sebagai pemimpin siaran berita dalam negeri. Menurut survey kebiasaan konsumsi berita dari Pew Research Center, tidak terlalu mengagetkan, banyak orang muda yang ingin mendapat berita yang lebih di Internet, ketika orang generasi yang lebih tua lebih memilih menggunakan media tradisional seperti televisi dan koran.


Pihak Pew mengungkapkan bahwa telah terjadi peningkatan konsumsi berita, namun terjadi pemisahan kelompok antara orang yang senang dengan media tradisional, ada yang senang dengan news online, dan ada yang senang dengan keduanya. Pew menemukan grup terbesar dari pembaca berita, yakni grup paling tua, dengan umur 52 ke atas dan sekitar 34% pengangguran, menunjukkan bahwa mereka tidak suka dengan computer atau mencari berita online dan sekitar 46% lebih memilih media yang berat seperti televisi. Menurut pihak Pew, mereka yang senang menonton televisi, lebih senang menonton mulai jam 6.30, dan layanan cable news seperti CNN, sekitar 39% atau Fox News Channel sekitar 33%.

Grup yang lain merupakan orang yang lebih muda, yang berada dalam usia sekitar 35 dan di bawahnya, lebih senang menggunakan Internet untuk mencari berita. Sekitar 8% dari mereka merupakan orang berpendidikan, setidaknya hingga kuliah dan mereka dua kali lebih suka membaca koran online daripada koran versi cetak. Sekitar 25% dari responden yang disurvei mengatakan bahwa mereka ke situs berita di Internet minimal tiga kali seminggu.

Pew menemukan bahwa konsumen yang mencari berita online lebih berwawasan luas daripada mereka yag membaca media tradisional, seperti koran dan televisi. Hal ini dikarenakan sekitar 44% dari lulusan universitas membaca berita dari media berita online setiap harinya, dan hanya 11% yang berasal dari pendidikan SMU yang juga mencari berita online di Internet. Banyak anak muda di bawah usia 25, sekitar 25% mengatakan bahwa mereka mencari berita untuk event-event tertentu saja.