HEAD LINE NEWS CREATIVE BY MARAPU

Kingsoft Office 2012, gratis untuk personal + Ribbon interface


Lisensi dari versi terbaru Kingsoft Office 2012 telah dirilis dan ditambah lagi lisensi yang dipublikasikan adalah lisensi gratis alias FREEWARE untuk penggunaan personal. Dengan ukuran file dibawah 70 MB plus fitur-fitur yang super mirip dengan produk Microsoft Office. Kingsoft Office 2012, paket office essensial yang hanya memerlukan jatah instalasi dibawah 200 MB untuk instalasi full dan tidak perlu belajar ulang. It’s free it’s office suite. No more Microsoft Office. 



Ukuran instalasi yang kurang dari 70 MB dan kurang dari 200 MB setelah terinstall full, lisensi gratis untuk penggunaan personal dan komersial. Bandingkan saja dengan Microsoft Office untuk lisensi Home and Student sudah lebih dari 1 juta rupiah dan menuntut ukuran jatah instalasi lebih dari 1 GB dengan ukuran file instalasi lebih dari 300 MB. Microsoft Office? Bye then.


Bandingkan saja dengan Microsoft Office 2010 untuk edisi Home and Student, dengan ukuran installer lebih dari 300 MB dan jatah HDD yang diharuskan atau rekomendasi adalah 3 GB (ndak kurang gede nih?) belum termasuk update service pack 1 yang menambah jatah HDD hingga 500 MB dan belum lagi untuk update – update berikutnya. Jadi kalau diperkirakan hampir mencapai 5 GB hanya untuk aplikasi office suite? Benar-benar sebuah bloatware.


Untuk masalah harga, lisensi dari Microsoft Office 2010 Home and Student dipatok $149 per PC atau sekitar 1,3 juta Rupiah. Boros jatah HDD plus harga mahal? Apakah itu yang ditawarkan dari Microsoft Office? Sementara Kingsoft Office 2012 dengan paket lengkap Word, Spreadsheet dan Presentation ditawarkan dengan lisensi bebas biaya alias gratis untuk personal. Ngapain juga beli mahal-mahal tapi malah rakus jatah HDD?


Sebuah kejutan yang menarik dan fantastis. Bisa menggunakan sebuah software kantoran yang jauh lebih baik dan jauh lebih hemat dari sisi biaya serta jatah instalasi HDD yang luar biasa kecil. Dari interface-nya pun sudah tidak asing lagi meskipun tidak menggunakan model ribbon ala Office 2007 dan 2010. What is the difference? Semua disediakan sama persis dan kompabilitas telah ditingkatkan untuk format dokumen terbaru.

Kingsoft Writer, semua urusan editing dokumen layaknya Microsoft Word.

Kingsoft Spreadsheet, dokumen tabel dan pendataan layaknya Microsoft Excel.

Kingsoft Presentation, membuat presentasi layaknya Microsoft Powerpoint.
 
 
Apa saja keunggulan utama dari Kingsoft Office 2012 dari Microsoft Office 2010?

DOCUMENT TAB

Menampilkan beberapa dokumen sekaligus dalam model tab view. Sehingga tidak ada lagi namanya taskbar penuh dengan icon-icon aplikasi office saat membuka banyak dokumen.




———————————————————————————————

BUILT-IN PDF EXPORT

Export langsung ke format PDF tanpa harus download plug-in tambahan alias built-in PDF export. Pengguna bisa langsung mengubah atau menyimpan dokumen yang sedang di-edit langsung ke dalam format PDF tanpa susah payah.


———————————————————————————————

ULTRA SMALL RESOURCE

Beban sistem yang (sangat) jauh lebih ringan daripada Microsoft Office 2010, dengan Kingsoft Office 2012 pengguna tidak dibatasi oleh versi maupun edisi dari sistem operasi Windows, entah non Service Pack atau terinsall Service Pack. Kingsoft Office 2012 pun bisa digunakan di Windows 2000 dan Windows XP non SP. Beban RAM yang jauh lebih ringan dan jatah HDD yang juga luar biasa kecil-nya. Menyimpan file instalasi tidak perlu repot hingga satuan GB, dengan ukuran dibawah 70 MB bisa dibawa pakai USB Flash Disk dan di-install kurang dari 1 menit plus tanpa registrasi lisensi, praktis toh?

 Mau berapa GB lagi tuh Microsoft Office?

Spesifikasi hardware selain jatah HDD yang super kecil, Kingsoft Office 2012 masih bisa berjalan lancar di notebook kelas Pentium M dengan kapasitas RAM 512 MB. Sementara Microsoft Office 2010 mengalami lagging saat editing. Tidak perlu hardware mahal hanya untuk office suite.
 
Kingsoft Office 2012
Microsoft Office 2010
400 MHz CPU 500 MHz CPU (masa sih?)
256 MB RAM 512 MB RAM (lancar?)
250 MB HDD 3 GB (kurang besar nih?)
Freeware Personal $149 – Home and Student
Yang kanan tuh seperti spesifikasi untuk instalasi game yah?
———————————————————————————————
 
NOW WITH “RIBBON”


Tidak perlu membayar mahal untuk menikmati tampilan dari Office 2007/2010…!!! Kingsoft Office 2012 menyediakannya tanpa biaya…!!! Semua fitur berfungsi sama dengan Microsoft Office 2007/2010 dan tetap beban sistem yang luar biasa ringan. Namun sayangnya bagi pengguna harus mengaktifkan tampilan Ribbon tersebut melalui registry karena pihak developer Kingsoft belum menyediakan instant switch untuk mengubah tampilan ke Ribbon UI. Berikut link download file registry untuk mengaktifkan tampilan Ribbon.
——————————————————


Double klik “Activate Ribbon UI.reg” untuk mengaktifkan tampilan ribbon,
dan “Re-Activate Classic UI.reg” untuk kembali ke tampilan klasik.
——————————————————
 
Banyak yang bertanya mengenai perihal kapasitas HDD dari Microsoft Office 2010. Memang harga HDD sekarang ini jauh lebih murah dengan perbandingan Rupiah per GB-nya sudah jauh lebih hemat dari 2 tahun lalu. Tapi disini pengguna professional tidak main-main dengan masalah kapasitas HDD meskipun free space tersedia banyak.
 
It’s Free, It’s Office Suite
It’s Kingsoft Office 2012

Menurut kabar yang beredar bahwa pihak developer Kingsoft akan merilis versi berbayar dari Kingsoft Office 2012. Belum diketahui secara pasti apakah akan penambahan fitur baru atau hanya pemberian price tag untuk lisensi komersial. Kingsoft Office 2012 tetap gratis untuk penggunaan personal atau non-komersial.



sumber : http://tridentcore.wordpress.com/2011/09/12/gratis-untuk-personal-ribbon-interface/