HEAD LINE NEWS CREATIVE BY MARAPU

Prosesor Intel "Haswell" Resmi Meluncur


Intel secara resmi memperkenalkan prosesor Core i Generasi ke-4 yang dibangun dengan arsitektur "Haswell" dalam acara di pameran komputer tahunan Computex 2013 di Taipei, Taiwan.
Executive Vice President and General Manager of Sales and Marketing Group Intel Tom Kilroy mengatakan bahwa  keluarga prosesor yang akan tetap mengusung nama Core i3, Core i5, dan Core i7.

Keluarga Core-i baru ini dirancang khusus untuk memudahkan mobilitas penggunanya lewat desain komputer laptop yang tipis dan tahan lama, tapi tetap berkinerja tinggi.

"Sejak awal, Core Generasi ke-4 sejak awal didesain khusus untuk Ultrabook," ujar Kilroy dalam keynote Intel hari Selasa, (4/6/2013). "Prosesor ini akan menjadi pondasi komputer '2-in-1' dari Intel," imbuhnya, mengacu pada jenis komputer yang menggabungkan konsep laptop dan tablet. komputer 2-in-1 disebut Intel akan menjadi tren komputer di masa depan

Untuk mendukung tujuan itu, Kilroy mengatakan bahwa Intel telah menerapkan sejumlah peningkatan yang dititik beratkan pada efisiensi daya. "Laptop yang diperkuat Intel Core Generasi ke-4, misalnya, bisa bertahan dalam standby mode selama 30 hari."

Kilroy mengulangi klaim Intel bahwa prosesor Core i Generasi keempat memiliki daya tahan baterai 50 persen lebih tinggi dibandingkan generasi terdahulu (Ivy Bridge), sementara menawarkan peningkatan dari sisi grafis yang diklaim 2 kali lebih kencang.

"Sekarang pengguna dapat bermain game di laptop mereka yang tipis dan ringan sambil tetap bisa membawanya ke mana-mana," ucap Kilroy. 

Jika Anda mencari laptop berbasis Windows yang baru, Haswell disarankan sebagai prosesor yang handal untuk mendukung pekerjaan Anda. Intel telah mengungkap bahwa keunggulan teknologi Haswell salah satunya ialah membuat perangkat laptop lebih hemat dalam konsumsi baterai.

Daftar 6 Laptop Adopsi Prosesor Intel Haswell

1. Dell XPS12
Ultrabook terbaru dari Dell ini akan dikapalkan pada 29 Juli 2013. Uniknya, laptop ini mengusung fitur rotasi layar dengan teknologi Gorilla Glass dan dukungan layar multi sentuh 10 titik. Laptop dengan layar LCD 12,5 inci (1920x1080) ini kabarnya dijual dengan harga USD1199.

2. Sony Vaio Pro 13
Sony mengumumkan ultrabook Haswell terbarunya diklaim mengusung desain cantik. Laptop ini kabarnya dibuat dari bahan serat karbon, sehinggga membuatnya menjadi laptop teringan. Laptop dengan 13,3 inci (1920x1080) ini telah diluncurkan beberapa pekan lalu dengan banderol USD1249,99.

3. Samsung Ativ Book 9 Plus
Samsung Ativ Book 9 Plus besutan perusahaan asal Korea Selatan ini hadir dengan layar 13,3 inci. Samsung mengandalkan layar sentuh LCD dengan resolusi 3200x1800. Belum diketahui berapa banderol harga perangkat komputer jinjing ini. Hanya saja, perusahaan mengungkap harga 'premium' dengan dukungan prosesor Core i7.

4. Asus Zenbook Infinity
Asus Zenbook Infinity pernah diumumkan di ajang Computex 2013 di Taiwan. Laptop ini memiliki layar 13,3 inci (2560x1440) dengan fitur layar sentuh kapasitif. Perangkat ini didukung dengan layar Gorilla Glass serta backlit keyboard. Belum diketahui berapa banderol harga laptop anyar tersebut.

5. Acer Aspire S7
Acer mengungkap model yang diperbarui (update) dari Acer Aspire S7 akan hadir dengan chip Intel Haswell dan kapasitas baterai yang lebih besar. Kekuatan baterai sebelumnya 4680mAh menjadi 6280mAh. Laptop tertipis ini memiliki resolusi layar 1920x1080 dengan fitur multi sentuh 10 titik. Kabarnya, laptop ini dibanderol seharga USD1,399.

6. Lenovo ThinkPad T440s
ThinkPad T440s merupakan laptop berbasis Intel Haswell yang memiliki fitur anti air pada bagian keyboard-nya. Tampil dengan layar 14 inci (1600x900), laptop terbaru dari Lenovo dengan model T Series ini kabarnya dibanderol dengan harga di bawah USD1.000.