HEAD LINE NEWS CREATIVE BY MARAPU

Teknologi Terbaru Mouse Scanner Yang Unik


Sebuah mouse mempunyai kegunaan untuk menggerakan kursor dalam layar komputer. Ada yang masih menggunakan sambungan kabel atau Nirkabel, namun juga ada yang sudah menggunakan teknologi wireless. Namun tetap saja fungsinya hanya untuk menggerakan kursor atau indikator posisi pada monitor komputer. Anda menginginkan mouse yang mempunyai fungsi lebih?
Tentu saja ada, salah satunya adalah mouse IRIScan, sebuah mouse scanner terbaru yang dilengkapi dengan fitur scanner. Mungkin terdengar unik, bagaimana mungkin sebuah mouse memiliki fungsi sebagai scanner?
IRIScan merupakan hasil karya perusahaan IRIS (Image recognition integrated systems), yakni sebuah perusahaan teknologi perangkat lunak yang berpusat di kota Louvain-la-Neuve, Belgia. Perusahaan ini juga merupakan pengembang teknologi OCR (Optical Character Recognition). Mouse IRIScan memiliki bentuk dan desain yang tidak berbeda jauh dengan mouse konvensiolnal, memiliki tombol klik kiri dan klik kanan, scroll serta terdapat kabel penghubung. Selain itu, bentuk mouse IRIScan juga cukup ergonomis dan sangat sederhana. Namun yang membedakan mouse ini dengan mouse lain adalah adanya perlengkapan alat pemindai yang berfungsi untuk melakukan proses scanning data. Alat pemindai ini berada tepat dibawah body mouse dengan resolusi 300 dpi.

Anda dapat memanfaatkan alat pemindai untuk melakukan proses scanning, baik itu scanning dokumen yang tertulis dalam kertas, majalah, koran, buku, atau bahkan foto. Tidak perlu turitorial rumit, Anda hanya perlu menekan tombol pemindai kemudian menggerakkan mouse tersebut ke seluruh bagian permukaan dokumen yang ingin diambil. Sebenarnyam Sistem kerja mouse IRIScan ini adalah dengan cara melakukan pengenalan perangkat lunak dan dengan optik ini akan berguna sekali agar pemindai mampu mengenali objek. Dengan cara memindai sebuah dokumen dalam media cetak, maka dengan cepat dokumen tersebut dapat berubah konten menjadi sebuah dokumen yang nantinya dapat Anda masukan pada Microsoft Word, Excel dan program lainnya untuk kemudian dilakukan editing. Kelebihan lainnya, pada dokumen-dokumen yang sudah Anda pindai dapat langsung di sharing melalui email maupun di unggah ke dalam web.

Ukuran dokumen yang dapat dipindai mencapai ukuran A3, dan Anda dapat melakukan drag dan drop teks maupun gambar ke dalam aplikasi favorit Anda. Dengan resolusi mencapai 300 dpi, dijamin hasil scanning yang didapat akan memiliki kualitas yang sangat optimal, hampir mendekati kualitas alat scanner konvensional, maupun scanner yang banyak terdapat pada mesin printer. Kecanggihan lain dari mouse IRIScan adalah mampu untuk memindai dan mengenali dokumen kertas dengan lebih dari 130 bahasa dunia, termasuk bahasa Asia, Rusia sirilik, atau bahkan bahasa Arab.

Untuk setiap paket pembelian IRIScan, pihak pengembangnya menyediakan perlengkapan lain yang bisa dibilang cukup lengkap. Beberapa perangkat tambahan lain diantaranya adalah mouse body, tempat mouse dalam bentuk tas, alat pembersih swab yang digunakan untuk melakukan pemindaian, sebuah perangkat lunak Suite yang disediakan pada media penyimpanan CD-ROM, buku panduan yang lengkap, perangkat lunak IRISCompresor gratis, dan tentunya kabel USB 2.0 untuk menghubungkan mouse dengan komputer.


Namun ada beberapa syarat sistem pada PC yang harus Anda penuhi agar mouse ini dapat dipakai. IRIScan menghendaki pemakaian prosesor yang minimalnya adalah Intel Core Duo berkecepatan 1.2 GHz atau AMD Athlon 64 x 2, 1.7 GHz. Akan lebih baik jika komputer Anda menggunakan prosesor yang lebih baik dibanding dua prosesor tersebut. Sedangkan untuk kartu grafis yang dikehendaki minimal adalah NVIDIA GeForce 8400 GS 128 MB, ATI Radeon X1300128 MB dan 384 MB (shared) Intel GMA X3000, namun direkomendasikan Anda menggunakan kartu grafis yang lebih baik. Sediakan pula ruang bebas pada RAM dan pada Hard disk sebesar 1 GB. Sedangkan untuk sistem operasinya, mouse IRIScan hanya disediakan bagi Anda yang menggunakan OS Microsoft Windows, baik itu Windows XP, Vista dan tentunya Windows 7.

Mouse IRIScan saat ini masih jarang ditemui penjualannya di Indonesia karena merupakan produk yang terbilang masih baru. Anda dapat membelinya pada situs jual beli online luar negeri seperti Amazon.com. Mouse ini dibanderol dengan harga USD 79.99.

IRIScan cocok bagi Anda yang bekerja dikantor dan sering mengolah data. Tampaknya mouse ini tidak direkomendasikan bagi para gamer